Ciri-ciri Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan kelainan yang terjadi pada sel kulit yang disebabnkan oleh mutasi DNA sel, yang membuat pertumbuhan dan perkembangan sel menjadi cepat  dan usia sel menjadi lebih panjang dan sel kehilangan sifat dasarnya. Kanker kulit biasanya terjadi akibat kulit yang terlalu sering terkaena paparan sunar matahari, namun kondisi ini juga dapat terkena pada kulit yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Pada umumnya kanker kulit ini menyerang pada bagian tubuh yang terkena sinar matahari secara langsung yaitu kulit kepala, wajah, leher, bibir, telinga, dada, lengan dan tungkai.Kanker kulit dapat terjadi pada siapa saja termasuk yang memiliki warna kulit yang gelap.

  • Permukaan kulit menjadi gatal dan nyeri

Banyak orang menganggap bahwa rasa gatal pada kulit ini hanyalah masalah biasa seperti alergi atau karena gigitan serangga. Padahal bisa saja hal itu adalah kanker pada kulit. Biasanya rasa gatal yang disertai nyeri ini datang pada permukaan kulit yang tampak lebih kasar dan lecet.

  • Muncul bercak pada kulit

Gejala selanjudnya adalah munculnya bercak pada kulit yang tidak biasa. Semakin lama bercak ini akan semakin lebar, jadi jangan sepelekan jika terdapat bercak seperti lingkar berwarna kecoklatan atau hitam pada kulit.

  • Warna kulit berubah

Kanker kulit yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah malenoma, yang terjadi perubahan warna  kulit  pada bagian tubuh tertentu. Hal ini disebabkan karena sel melanin atau sel pigmen kulit bermutasi dan berubah menjadi  rusak. Hal ini juga dapat terjadi akibat terlalu banyak terkena paparan sinar matahari atau sinar UV.

  • Kulit bersisik

Gejala kanker kulit selanjudnya adalah kulit akan menjadi kasar dan bersisikseperti terkena penyakit kadas. Hal ini dikarenakan sel kulit yang mengalami kanker tidak mampu benregenerasi.

  • Ada benjolan di pernukaan kulit

Munculnya suatu benjolan tertentu pada bagian tubu sudah menjadi suatu indikasi seseorang mengidap kanker tak terkecuali pada kulit kita. Benjolan ini lebih sering muncul pada bagian kulit yang lebih sering terkena paparan sinar matahari.

Kunjungi media sosial kami :
website amotee.co.id:
ig @amotee.co.id:
forum diskusi:
fanpage Amotee.co.id:
youtube Amotee_co_id:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *