Cara Merawat Kulit Berminyak

Setiap orang pasti pernah memiliki masalah pada kulit, dan juga pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Salah satu masalah yang sering dialami adalah masalah kulit yang berminyak. Masalah ini terjadi karena produksi minyak pada kulit berlebihan akibat produksi hormon DHT yang berlebihan, faktor perubahan lingkungan, penggunaan kosmetik, stres dan juga pola makan.

Minyak yang ada diwajah memiliki fungsi untuk melindungi kulit, namun jika jumlahnya berlebuhan akan menimbulkan jerawat. Disisi lain, kulit berminyak justru memberikan manfaat dalam membuat kulit kita terhindar dari keriput sehingga membuat kita terlihat sedikit lebih muda. Meskipun begitu kita harus memperhatikan dan merawatnya dengan baik karena memang memerlukan perhatian lebih untuk menjaga kulita gar tetap bersih dibandingkan jenis kulit yang lain.

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kulit berminyak.

  1. Mencuci muka dengan benar

Untuk mencuci muka kulit berminyak adalah menggunakan air hangat. Air hangat akan mengangkat minyak lebih baik dari pada air biasa. Gunakan juga produk pembersih, namun pastikan hindari produk yang mengandung pelembab. Jika kulit kita ada jerawat gunakan juga produk yang memiliki kandungan antiacne dan antibakteri untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

  • Gunakan toner

Toner untuk kulit berminyak harus bebas alkohol dan mengandung antioksidan supaya dapat membantu penyembuhan kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi peradangan akibat jerwat, mengangkt sel-sel kulit mati atau sisa makeup.

  • Pijat wajah

Gunakan scrub untuk membantu menyerap minyak dan menyingkirkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Ini bisa dibuat dengan menggunakan 2 sendok oatmeal dengan campuran witch hazel dan digunakan setiap hari untuk memijat wajah dengan lembut dan kemudian bilas wajah kita dengan air hangat.

  • Gunakan masker wajah anti minyak

Masker dengan putih telur dipercaya dapat mengencangkan kulit dan menyerap minyak berlebih. Kemudian bilas dengan air hangat setelah memakai masker ini sekitar 10 menit. Selain putih telur jus lemon dengan juga dapat dipake sebagai masker.

  • Pilih make up yang benar

Pastikan kita menggunakan bedak loose face pada wajah kita, dan hindari penggunaan pressed powser karena bisa menimbulkan noda dan memicu jerawat. Sediakan juga blotting paper atau kertas untuk menyerap minyak untuk pertolongan pertama untuk membersihkan wajah kita dali kulit berminyak.

Kunjungi media sosial kami :
website amotee.co.id:
ig @amotee.co.id:
forum diskusi:
fanpage Amotee.co.id:
youtube Amotee_co_id:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *