Menerapkan gaya hidup sehat saat puasa

Gaya hidup sehat harus kita terapkan setiap saat, tidak hanya pada saat bulan puasa saja. Namun pada saat bulan puasa tiba, terutapa pada beberapa hari awal, tubuh akan mengalami perubahan pola hidup, mulai dari pola makan hingga pola tidur. Perubahan yang terjadi ini akan sedikit banyak membuat tubuh kita mengalami berbagai keluhan. Oleh karena itulah kita perlu perhatikan gaya hidup kita agar terhindar dari berbagai jenis gangguan. Berikut adalah tips menjaga gaya tubuh yang sehat selama bulan ramadhan.

  • Tidur yang cukup.

Pada bulan puasa, kita biasanya bangun lebih cepat untuk melakulan sahur. Maka dari itu kita perlu tidur lebih awal sehingga kebutuhan tidur setiap hari terpenuhi yaitu sekitar 8 jam. Kurang waktu istirahat juga akan mengganggu kesehatan tubuh kita, membuat kita menjadi gampang lelahsulit berkonsentrasi, gampang mengantuk saat beraktivitas Hal ini tentunya akanmengganggu pekerjaan kita.

  • Jaga keseimbangan cairan tubuh

Pada bulan puasa kita harus menahan asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Jika sebelumnya asupan yang diberikan tidak cukup maka, akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, yang akan menyebabkan badan terasa lelah, mengantuk dan sulit berkosentrsasi. Meskipun sedang berpuasa, usahakan mencukupi kebutuhan air tubuh harian, yaitu dengan mengkonsumsi air 8 gelas pada saat berbuka hingga sahur. Dengan begitu kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi pada saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Hindari pula minuman-minuman seperti kopi, dan minumsn-minumsn bersoda.

  • Jangan melewatkan sahur

Sarapan di pagi hari merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk mengawali keseharian kita. Selama bulan puasa, sarapan pagi kita mengalami perubahan jam yakni pada saat sahur. Oleh karena itu peran sahur itu penting. Selain untuk bekal tenaga untuk menjalani hari, sahur bisa membantu kita untuk lebih berkonsentrasi menjalankan aktivitas. Oleh karena itu sempatkan selalu makan sahur setiap harinya. Makan sahur yang baik adalah yang dilakukan saat mendekati fajar. Hal ini akan membantu tubuh tetap berenergi dan terhidrasi dan mencegah rasa lapar yang mungkinakan datang lebih cepat jika kita sahur terlalu malam. Adapun menu makan sahur yang seimbang terdiri dari karbohidrat komplex, makanan berserat tinggi, dan makanan kaya protein.

  • Makan secukupnya saat berbuka puasa

Waktu berbuka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Sayangnya momen ini sering dijadikan momen untuk balas dendam sehingga akan digunakan untuk menyantap setiap makanan yang disediakan. Makan yang berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh. Terlalu banyak makan pada saat berbuka tanpa memperhatikan nilai gizinya juga akan mengakibatkan berbagai masalah pencernaan, seperti maag, perut kembung, sembelit dan diare.Apalagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung tinggi guladan lemak. Hal ini akan menyebabkan penambahanberat badan dan penyakit seperti diabetes dan kolesterol.Jika terus-menerus di lakukan akan menimbulkan resiko kesehatan yang serius. Menerapkan pola hidup sehat saat berpuasa bisa membuat tubuh lebih sehat dan bertenaga sepanjang hari.

Kunjungi media sosial kami :
website amotee.co.id:
ig @amotee.co.id:
forum diskusi:
fanpage Amotee.co.id:
youtube Amotee_co_id:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *