Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Puasa dalam bulan Ramadhan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh masyarakat muslim di dunia. Burpuasa dilakukan dengan menahan lapar dan haus, tidak makan dan minum selama hingga lebih dari 12 jam. Dengan ini tubuh akan menyesuaikan dengan perubahan yang sedang terjadi saat puasa, baik dari perubahan polahidup dan pola makan.

Banyak masalah kerap muncul disaat berpuasa. Masalah pencernaan adalah yang paling umum terjadi, namun masalah kulit juga sering didapati saat kita sedang menjalankan ibadah puasa. Kulit akan menjadi kusam, pecah-pecah dan kasar. Kondisi seperti ini menandakan dehidrasi kulit yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan cairan selama berpuasa.

Selama berpuasa, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh sangat sering terjadi. Pasalnya saat berbuka hingga sahur kita kekurangan menonsumsi cairan. Ditambah lagi saat berpuasa banyak cairan yang hilang melalui keringat, saat buang air kecil dan besar, dan lani sebagainya, sedangkan kita tidak bisa mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut secara langsung hingga berbuka puasa. Keadaan ini yang menyebabkan dehidrasi, yang menyebabkan masalah kesehatan seperti  lemas, mudah lelah, sakit kepala atau pusing dan sebagainya. Terlebih lagi jika kita memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Masalah kulit akibat dehidrasi ini bisa membuat kulit kering, kusam dan mengelupas. Agar terhindar dari masalah ini kita dapat mencegahnya dengan beberapa cara.

  1. Minum banyak air putih. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kulit akan menjadi lembab sepanjang hari. Jadi pastikan konsumsi kurang lebih 8 gelas air putih mulai dari berbuka puasa hingg sahur supaya kulit tidak kering dan kasar.
  2. Batasi aktivitas diluar ruangan, karena banyak polusi dan paparan sinar matahari sehingga memicu keluarnya keringat dan dehidrasi. Gunakan pelembab atau body lotion atau tabir surya sebelum melakukan aktivitas untuk menjaga agar kulit tetap lembab dan sehat.
  3. Mengkonsumsi buah dan sayuran, karena didalamnya terdapat banyak akndungan bermanfaat seperti vitamin dan mineral serta air yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit, dan membuatnya lebih sehat. Pastikan saat berbuka dan sahur untuk mengkonsumsi buah dan sayuran agar kulit tidak kering saat berpuasa.
  4. Gunakan pelembab dan pakaian yang menyerap keringat. Pakaian yang tidak menyerap keringat akan membuat keringat menumpuk pada kulit dan menyumbat pori-pori yang akhirnya akan menyebabkan transformasi panas tubuh. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih kusam dan kering.
  5. Lakukan perawatan kulit dan perawatan alami, seperti menggunakan body scrub, minyak zaitun, madu dan lain-lain untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit saat berpuasa.
  6. Hindari makanan dan minuman tertentu saat berbuka hingga sahur seperti teh, kopi dan minuman bersoda yang bersifat diuretik yang dapat memicu buang air terus-menerus dan menyebabkan dehidrasi; serta makanan seperti makanan pedas, asin dan berminyak karena memicu terjadinya dehidrasi.

Kunjungi media sosial kami :
website amotee.co.id:
ig @amotee.co.id:
forum diskusi:
fanpage Amotee.co.id:
youtube Amotee_co_id:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *