Menjaga kesehatan kulit di bulan puasa

Selama berpuasa, banyak diantara kita yang sering mengalami masalah pada kulit kita seperti bibir dan kulit kering. Juka terus terjadi kesehatan kulit kita akan menurun dan adapat menyebabkan penuaan dini. Kurangnya asupan nutrisi dan juga air, serta pola makan yang salah dan berubah, begitu juga denga pola tidur yang mengalami perubahan akan mempengaruhi kondisi kulit kita. Jangan biarkan masalah ini mengganggu ibadah kita dibulan yang penuh berkah ini dan pada saat Lebaran nanti, jangan biarkan terlihat kusam atau bermasalah.

Kulit kita memiliki siklus regenerasi setiap 27 hari dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang perlu dibersihkan secara teratur dan dijaga kesehatannya. Jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkannya bercampur dengan kotoran, polusi, keringat, debu, paparan sinar matahari dan kuman sehingga akan membuat kulit menjadi kusam dan tidak sehat.

  • Menjaga asupan cairan untuk kulit

Asupan cairan dalam tubuh adalah penting untuk menjaga tubuh kita tidak kekurangan cairan tubuh yang akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan dehidrasi yang tidak hanya terjadi pada tubuh, tetapi juga pada kulit kita. Apalagi dibulan puasa ini kita tidak mendapatkan asupan cairan selama 12 jam lebih. Maka dari itu kita perlu memenuhi asupan cairan dari waktu berbuka puasa hingga sahur. Kita bisa cukupi asupan cairan dengan metode meminum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air saat malam, dan 2 gelas air saat sahur. Kecukupan air setiap harinya akan meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit, selain itu juga akan menjaga kelembapan sekaligus kelenturannya.

  • Banyak memakan buah saat berbukapuasa dan sahur

Mengkonsumsi makanan bernutrisi sangatlah diperlukan saat berpuasa, bukan hanya makanan-makanan enak saja yang malah justru memiliki gizi yang buruk dan dapat menyebabkan penyakit di bulan puasa maupun lebaran nanti. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin. Vitamin membatu kita untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun kita sehingga selama puasa kita dapat beraktivitas dengan penuh semangat. Selain itu vitamin juga sangat dibutuhkan untuk kulit kita. Salah satu sumber vitamin yang dengan mudah kita dapatkan adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan.

  • Menjaga kebersihan kulit

Salah satu hal yang penting juga dalam menjaga kulit yang sehat adalah dengan membersihkan kulit, terutama wajah kita, karena dapat menghilangkan kotoran dan mikroorganisme penyebab kulit kusam dan berbagai penyakit. Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan dari produk pembersih yang kita gunakan, agar tidak merusak lapisan kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

  • Menggunakan pelembab dan tabir surya

Salah satu cara untuk menjaga kelembapan kulit kita di bulan puasa ini adalah dengan menggunakan pelembap. Bagi seseorang yang memiliki kulit kering, pelembab kulit yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane dapat digunakan untuk menjaga agar kulit tetap lembab. Selain baik untuk kulit, bahan-bahan tersebut  juga baik untuk anti radang, pelindung kulit terhadap sinar matahari, dan tidak mengiritasi kulit. Untuk yang memiliki kulit normal, guanakan pelembap dengan cylomethicone, dan untuk kulit berminyak, dapat menggunakan pelembap kulit dengan kandungan air sebagai bahan dasar.

  • Istirahat yang cukup

Dalam bulan puasa, istirahat kita pasti akan berkurang karena kita harus bangun lebih pagi untuk sahur dan tidak semua orang bisa beristirahat lagi. Maka dari itu usahakan untuk tidur tidak terlalu malam. Kurang tidur akan membuat kulit kita tampak lelah dan lebih tua terutama di sekitar mata. Pastikan juga untuk berolahraga secara rutin untuk mengurangi stres dan membuat metabolisme kita menjadi stabil dan lancar. Dengan begitu istirahat kita juga akan berkualitas. Tidur cukup akan membuat kulit kita sehat dan cantik.

Kunjungi media sosial kami :
website amotee.co.id:
ig @amotee.co.id:
forum diskusi:
fanpage Amotee.co.id:
youtube Amotee_co_id:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *