Dehidrasi Menyebabkan Penuaan Dini

Setiap hari usia setiap orang akan bertambah. Seiring bertambahnya usia seseorang dan banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari, kita akan memerlukan kebutuhan cairan tubuh. Jika kebutuhan cairan pada tubuh kurang, kita akan mengalami kondisi yang disebut dengan dehidrasi.

Dehidrasi pada tubuh dapat menyebabkan berbagai kondisi tubuh yang kurang baik lainnya seperti menurunnya fokus otak, menyebabkan badan terasa lemas dan lelah, serta dapat membuat kulit mengalami penuaan dini. Kulit tubuh kita memerlukan kebutuhan cairan untuk menjaga kesehatannya. Kulit yang mengalami kekurangan cairan (dehidrasi) akan rentan mengalami kulit kering,  kasar, bersisik, dan muncul kerutan atau keriput. Selain itu juga akan mengakibatkan kulit wajah seseorang menjadi terlihat lebih kusam, pucat, tidak menarik dan akan menimbulkan kantung mata.

Meskipun penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada setiap orang, penuaan dini adalah suatu hal yang ditakuti semua orang karena tidak hanya membuat tubuh merasa kurang nyaman saat menjalankan kegiatan sehari-hari, juga menyebabkan penurunan rasa percaya diri pada seseorang. Penuaan dini sendiri dapat dibagai menjadi 2 faktor penyebab, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.

Faktor instrinsik adalah penuaan yang disebabkan oleh faktor genetik seseorang dan hormon atau proses metabolisme. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor penuaan yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti asupan nutrisi yang buruk, paparan sinar matahari, polusi udara, rokok, atau konsumsi minuman beralkohol berlebihan. Faktor lain yang meningkatkan resiko terjadinya penuaan kulit lebih cepat adalah posisi tidur yang salah, gerakan wajah, dan adanya gaya gravitasi.

Tanda-tanda penuaan kulit tergantung pada penyebabnya. Jika disebabkan oleh faktor intrinsik, makan ditandai dengan kulit menipis dan rapuh, hilangnya NMF (Natural Moisturizing Factor), jaringan kolagen dan elastin pada kulit sehingga membuat kulit mengendur, kulit kasar dan kering, serta kulit akan menjadi lebih rentan mengalami lesi seperti tumor jinak. Sedangkan penuaan yang disebabkan oleh faktor ekstrinsik, pada umumnya terlihat adanya penebalan kulit, perubahan warna kulit, kerutan yang dalam, serta kulit kasar dan juga kering.

Kondisi kulit kering diakibatkan karena kurangnya cairan pada kulit (dehidrasi), baik oleh faktor intrinsik maupun faktor ekstrinsik, dikaitkan dengan jumlah NMF sebagai pelembab alami pada kulit. Jumlah NMF akan berkurang sejalan dengan bertambahnya usia, sedang NMF memiliki peran dalam mengikat air dan mempertahankan hidrasi kulit agar tidak mengalami kekeringan atau kekurangan cairan. Jadi salah satu cara untuk mengurangi dehidrasi kulit adalah dengan mempertahankan jumlah NMF pada kulit dengan cara mengkonsumsi air dan cairan yang mengandung elektrolit untuk membantu produksi NMF agar kelembapan kulit kita terjaga dan menghindari penuaan dini.

Kunjungi media sosial kami :
website amotee.co.id:
ig @amotee.co.id:
forum diskusi:
fanpage Amotee.co.id:
youtube Amotee_co_id:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *