Apa Itu Penuaan Dini

Seiring pertambahan usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia melemah. Hal itu membuat elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Ternyata kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang yang telah berumur, orang yang masih muda pun dapat mengalaminya. Lantas, apa yang menyebabkan mereka mengalami penuaan dini?

Anda dikatakan mengalami penuaan dini ketika Anda terlihat lebih tua daripada usia Anda yang seharusnya. Jika hal itu terjadi, bisa jadi kebiasaan Anda sehari-harilah yang mempercepat kemunculan tanda penuaan tersebut.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang dapat mempercepat penuaan pada kulit beserta cara mengatasinya.

  • Terpapar sinar matahari tanpa pelindung
  • Merokok
  • Mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan
  • Pola makan buruk
  • Kurang tidur

Penuaan merupakan bagian dari proses alami tubuh, namun tidak halnya dengan penuaan dini. Penuaan dini dapat Anda hindari. Caranya, adalah dengan mengubah kebiasaan buruk Anda, agar memiliki kulit sehat dan awet muda. Jangan lupa, memperbanyak konsumsi air putih dan rutin berolahraga juga memberikan dampak positif bagi kulit Anda. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan anti penuaan.

Kulit telah terbukti rentan terhadap berbagai faktor seiring bertambahnya usia, seperti sinar matahari, cuaca tidak menentu dan kebiasaan buruk. Kondisi-kondisi itu dapat berkontribusi terhadap penuaan kulit (skin aging). Meski begitu, tetap tersedia beberapa cara untuk menjaganya tetap sehat dan segar.

Penuaan kulit dipicu oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup, pola makan, keturunan, dan kebiasaan pribadi lain. Sebagai contoh, merokok dapat menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas terbentuk dari molekul oksigen yang sebelumnya sehat, kini menjadi overaktif dan tidak stabil. Kemampuan sel-sel tubuh untuk menghancurkan radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini.

Penyebab umum lain dari skin aging (yang ditandai dengan adanya kerutan dan bercak pada kulit) adalah paparan sinar matahari dan polusi, serta hilangnya jaringan penyokong di bawah kulit (jaringan subkutan). Faktor lain yang berkontribusi terhadap penuaan kulit meliputi stres, gravitasi, pergerakan wajah, obesitas, dan bahkan posisi tidur.

Apa saja tanda-tanda dan gejala penuaan kulit?

Terdapat tiga wujud utama dari penuaan kulit secara umum. Masing-masingnya memengaruhi tampilan wajah dengan cara yang berbeda.

  • Kerutan
  • Berkurangnya volume kulit (beserta jaringan yang mungkin membentuknya) terkadang sulit diidentifikasi.

Apa penyebab penuaan kulit?

Ada banyak hal yang menyebabkan kondisi kulit menua. Beberapa di antaranya tidak dapat Anda hindari.

Satu hal yang tidak dapat diubah dan dihindari adalah proses penuaan alami. Seiring waktu, Anda akan memiliki garis-garis yang terlihat pada wajah. Kondisi wajah kehilangan keremajaannya merupakan kondisi yang sangat wajar.

Pada periode waktu tertentu, Anda mungkin akan menyadari bahwa kulit Anda semakin menipis dan kering. Gen berpengaruh besar dalam perubahan tersebut. Istilah medis untuk jenis penuaan ini adalah “penuaan intrinsik”.

Meski begitu, faktor lain yang juga berkontribusi terhadap menuanya kulit Anda dapat dihindari. Lingkungan dan gaya hidup dapat memengaruhi penuaan kulit (skin aging). Istilah medis untuk jenis penuaan ini adalah “penuaan ekstrinsik”. Artinya, penuaan yang diakibatkan oleh faktor dari luar. Dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan, Anda dapat memperlambat efek dari penuaan kulit.

Bagaimana cara mengatasi penuaan kulit (skin aging)?

Apa saja yang dapat saya lakukan untuk mengatasi dan mencegah penuaan dini pada kulit (skin aging)?

1. Lindungi kulit dari sinar matahari setiap hari

2. Gunakan self-tanner dibandingkan dengan berjemur

3. Berhenti merokok

4. Hindari ekspresi wajah yang berulang

5. Pola makan yang seimbang

6. Kurangi konsumsi alkohol

7. Berolahraga rutin

8. Bersihkan dengan lembut

9. Bersihkan wajah dua kali sehari dan setelah berkeringat

10. Gunakan pelembap wajah setiap hari

11. Hentikan penggunaan produk perawatan kulit yang menyebabkan perih

Tetap semangat dan selamat mencoba cara merawat wajah secara alami, baik dari luar ataupun dalam.

Amotee merupakan suplemen herbal yang mempunyai manfaat membantu menjaga kesehatan kulit produksi PT Mitra Abadi Nutraceutical. Komposisi Amotee terdiri dari campuran bahan herbal dengan manfaat berlimpah yaitu Fish Collagen, L-Glutathion, Phyto ceramid, Sakura ekstrak,Teripang, Plum,Sodiumhyaluronat dan Vitamin C.

Fungsi Amootee : Membantu menjaga kesehatan kulit

  • Melembutkan kulit
    • Mencegah kulit kering
    • Menjaga elastisitas kulit
    • Mengurangi pigmentasi
    • Mengurangi perbesaran pori-pori
    • Mencerahkan kulit
    • Anti-aging
    • Meningkatkan kadar kolagen
    • Anti oksidan
  • Aturan pakai : 2 x 1 sachet / hari setelah makan.
  • BUKTIKAN Sendiri Khasiat Amootee Secara nyata

Kunjungi media sosial kami :
website amotee.co.id:
ig @amotee.co.id:
forum diskusi:
fanpage Amotee.co.id:
youtube Amotee_co_id:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *