Penyebab Keriput di Usia Muda

Penyebab Keriput di Usia Muda

Kulit keriput merupakan salah satu tanda dari penuan yang terjadi pada tubuh kita. Normalnya kulit keriput biasanya akan didapati pada seseorang yang telah berusia paruh baya. Namun banyak kasus menunjukkan kulit keriput juga dapat terjadi pada seseorang yang memiliki usia yang masih muda.

Proses penuaan dibagi menjadi 2 jenis yaitu proses penuaan yang terjadi intrinsik, yang merupakan penuaan yang terjadi secara alamiah, dan proses penuaan ekstrinsik, yaitu yang dipengaruhi oleh lingkungan dan gaya hidup. Proses penuaan ekstrinsik inilah yang sering kali menyebabkan tanda penuaan datang lebih cepat. Dan dengan memodifikasi perilaku sehari-hari juga dapat sebaliknya memperlambat terjadinya proses penuaan.

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya keriput pada kulit di usia muda.

1. Paparan sinar matahari
Sinar matahari dapat masuk kedalam lapisan kulit dan merusak strukturnya. Terlalu sering terpapar oleh sinar matahari akan mempercepat penuaan pada kulit kita dan menyebabkan kulit keriput. Tidak hanya itu, paparan sinar UV dari sinar matahari juga akan memberikan dampak buruk lainnya pada kulit kita hingga dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Merokok
Merokok tidak hanya menyebabkan dampak yang buruk bagi sistem pernapasan, namunjuga dapat merusak kulit kita. Radikal bebas yang terdapat pada rokok dan asapnya dapat mempercepat kerusakan struktur kulit kita, sehinggi kulit kita akan tampak lebih tua dan berkeriput.

3. Kontraksi otot wajah
Kerutan yang terjadi pada wajah kita adalah hasil dari kontraksi yang terjadi pada otot kecil di area wajah kita saat kita berekspresi. Ekspresi wajah yang kita lakukan sehari-hari, seperti mengernyitkan dahi, memicingkan mata, tersenyum, ataupun tertawa, lama-kelamaan akan meninggalkan tanda berupa garis-garis keriput akibat kontraksi otot yang terjadi.

4. Posisi tidur
Posisi tidur yang paling baik adalah dengan terlentang karena dapat meminilkan tekanan yang terjadi saat wajah menempel pada bantal, sehingga meminimalkan pula garis kerutan penyebab kulit keriput yang terjadi akibat tekanan yang terjadi pada wajah karena posisi tidur yang miring atau tengkurap.

5. Diet
Usaha menurunkan berat badan dapat menjadi penyebab timbulnya kulit keriput. Kehilangan volume tubuh yang berlebih akan membuat kulit menjadi kendur. Hal ini akan berdampak pada elastisitas kulit.

6. Dehidrasi
Kondisi kulit yang kering akan mudah memunculkan kerutan keriput. Kurang asupan air akan menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan menjadi keriput. Maka dari itu kita perlu menjaga kelembaban kulit agar terhindar dari kulit kering dan membuat kulit lebih elastis dan kenyal sehingga cenderung tidak mudah keriput.

7. Kebiasaan membersihkan wajah
Pada saat membersihkan wajah, harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Karena jika terlalu kuat menggosok wajah akan menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit yang justru akan mempercepat timbulnya keriput.

8. Pola makan
Sama seperti bagian tubuh yang lain, kulit juga membutuhkan nutrisi. Asupan nutrisi yang seimbang dan pola makan yang teratur dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah keriput. Kandungan antioksidan dan vitamin pada buah dan sayur sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kita. Mengonsumsinya dapat membuat kita awet muda .

Kunjungi media sosial kami :
ig: 
forum diskusi: 
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *