Beberapa Metode untuk Menghilangkan Flek Hitam

Beberapa Metode untuk Menghilangkan Flek Hitam

1. Laser
Ada plus-minus dari cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan laser. Kelebihannya adalah rasanya tidak menyakitkan dan hasilnya pun cepat. Namun di satu sisi, perawatan laser biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan sesi perawatannya juga belum tentu hanya sekali saja, bisa beberapa kali pertemuan karena tergantung juga dari ukuran, warna, serta kedalaman bintik hitamnya.

Yang perlu Anda ketahui sebelum mencoba prosedur ini adalah kalau kulit akan sangat sensitif setelah dilaser. Jadi pastikan untuk membawa sunscreen atau alat pelindung kulit lainnya, bahkan jika mungkin, hindari terkena matahari selama beberapa hari setelahnya.

2. Chemical Peeling
Sesuai namanya, cara menghilangkan flek hitam di wajah ini melibatkan bahan kimia tertentu yang diaplikasikan ke kulit. Nantinya setelah terkena zat kimia tersebut, kulit akan melepuh dan mengelupas sehingga mengaktifkan regenerasi sel untuk membentuk sel kulit baru.

Walau metode ini terdengar menyeramkan, namun pada prakteknya, rasanya tak semenyakitkan yang dibayangkan. Malahan ada beberapa orang yang merasakan sensasi geli saat menjalaninya.

Soal zat kimianya pun bermacam-macam karena tergantung dari seberapa parah noda hitamnya. Untuk bintik hitam yang tak terlalu dalam, AHA (alpha-hydroxy acids) seperti asam glikolat atau asam laktat yang biasanya jadi pilihan. Sementara untuk flek hitam tingkat sedang, asam trikloroasetatlah yang dipakai. Dan untuk kasus terparah, terapis biasanya akan menggunakan fenol.

Sama seperti perawatan menggunakan laser, metode chemical peeling mungkin juga tak cukup bila dilakukan sekali saja apalagi kalau nodanya tergolong parah. Setelah menjalaninya, kondisi kulit juga akan sangat sensitif, bahkan bisa iritasi, merah, serta kering seperti keripik.

Jadi bila memang dibutuhkan, terapis atau dokter mungkin akan memberikan obat pereda rasa sakit. Anda juga akan diimbau untuk menjauh dari paparan matahari langsung selama beberapa hari setelah perawatan.

3. Mikrodermabrasi
Metode yang ke-3 ini sangat efektif untuk menghilangkan noda hitam karena tujuannya adalah untuk meremajakan kulit. Sama seperti kedua treatment sebelumnya, mikrodermabrasi juga bebas dari rasa sakit.

Prosedur biasanya dimulai dengan menyemprotkan kristal micro-exfoliating ke kulit. Setelah itu, kulit akan disedot perlahan sehingga bagian kusamnya hilang. Metode ini tak hanya berhasil menyingkirkan flek hitam di wajah, namun juga merangsang produksi kolagen dan membuat tampilan wajah lebih bersinar.

4. Cryosurgery
Meski melibatkan embel-embel ‘surgery’ atau operasi, namun metode ini tetap bersifat non-invasif (tak perlu ‘belek membelek’). Dalam prakteknya, cairan nitrogen akan disemprotkan ke noda hitam untuk membekukannya sehingga warnanya berubah menjadi putih.

Dokter akan mengulangi proses tersebut beberapa kali, tergantung dari seberapa parahnya flek tersebut. Setelah beberapa hari, pada bagian yang dirawat tadi akan terbentuk semacam keropeng yang kemudian akan terkelupas setelah beberapa minggu. Setelah itu barulah nampak kulit baru yang bebas noda hitam.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah hindari mengelupas keropengnya sendiri karena tindakan ini bisa menimbulkan bekas luka. Jaga area tersebut tetap kering, dan bila dokter menyarankan, oleskan petroleum jelly ke atasnya.

Namun selain dengan medis, kita bisa menggunakan bahan alami yang lebih murah meriah dan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Berikut adalah beberapa bahan yang di sarankan untuk dicoba secara rutin minimal selama 30 hari:

– Lemon
– Minyak Vitamin E
– Kentang
– Lidah Buaya
– Minyak Almond
– Oatmeal
– Kunyit
– Peterseli
– Minyak Kastor
– Bawang Bombay
– Nanas
– Cuka Apel
– Pepaya
– Tomat
– Cendana
– Timun
– Susu
– Yogurt
– Madu
– Kulit Jeruk
– Strawberry

Kunjungi media sosial kami :
ig: 
forum diskusi: 
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *