Apa itu Pompholyx?

Apa itu Pompholyx?

Pompholyx merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya lepuhan kecil berisi cairan, terutama di sisi jari tangan, telapak tangan, dan telapak kaki. Pada umumnya, lepuhan bertahan selama tiga minggu, serta memunculkan gatal parah dan rasa terbakar. Lepuhan juga dapat disertai nyeri dan mengeluarkan nanah.

Pompholyx dikenal juga dengan istilah eksim dishidrotik. Bila tidak ditangani dengan benar, penderita pompholyx dapat mengalami infeksi bakteri, akibat menggaruk area kulit yang terkena lepuhan.

Gejala yang umum terjadi pada penderita pompholyx adalah munculnya luka lepuh di telapak tangan dan di sisi jari. Lepuhan juga kadang muncul di telapak kaki. Sebelum lepuhan muncul, umumnya penderita akan merasakan gatal hebat disertai sensasi panas di jari, serta di telapak tangan dan kaki. Pada pompholyx parah, lepuh dapat berukuran cukup besar, dan menjalar ke punggung tangan, kaki, serta bagian tubuh lain. Terkadang, kulit yang terkena lepuhan dapat terinfeksi, dan berisi nanah di dalam lepuhan. Area kulit yang terinfeksi juga dapat membengkak, tampak kemerahan, dan terasa perih. Lepuhan akan pulih dalam beberapa pekan, ditandai dengan kulit yang kering dan mengelupas.

Penyebab pasti pompholyx masih belum diketahui secara pasti. Namun demikian, penyakit ini diduga ada hubungannya dengan eksim atopik dan alergi. Pompholyx juga diduga terkait beberapa faktor, seperti:

• Kondisi cuaca. Pompholyx lebih sering muncul pada daerah beriklim hangat atau panas.
• Faktor keturunan. Pompholyx juga dicurigai diturunkan dari keluarga.
• Antibiotik. Neomycin adalah jenis antibiotik yang dapat memicu pompholyx.
• Stres. Pompholyx lebih rentan menyerang seseorang yang mengalami stres.
• Paparan bahan kimia. Paparan logam seperti nikel dan kobalt, serta bahan kimia pada deterjen, pembersih rumah, sabun, sampo, produk kosmetik, atau parfum, dapat memicu pompholyx.

Kunjungi media sosial kami :
ig: 
forum diskusi: 
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *