Masalah Kulit Sekitar Mata dan Tips Mengatasinya

Masalah Kulit Sekitar Mata dan Tips Mengatasinya

Area sekitar mata merupakan salah satu area wajah yang paling mudah mengalami masalah kulit. Selain lebih tipis dibandingkan kulit di area lainnya, kulit area mata juga sangat sensitif dan rentan mengalami iritasi. Tipisnya lapisan kulit area ini juga membuat tanda-tanda penuaan dini menjadi lebih mudah terlihat. Tetapi, sebetulnya masalah kulit apa saja yang mengintai area mata? Seperti apa pencegahan dan cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

1. Crow’s Feet atau Cakar Gagak
Crow’s Feet adalah penuaan pada kulit yang ditandai dengan kemunculan kerutan pada sisi luar lipatan mata. Penuaan kulit ini disebut crow’s feet karena bentuknya yang mirip dengan cakar burung gagak. Biasanya, crow’s feet muncul ketika seseorang sudah berusia diatas 30 tahun. Namun, tidak sedikit yang mengalaminya ketika masih berusia 20-an tahun yang dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk menghindarinya, Anda harus menjalani pola hidup yang sehat seperti mengonsumsi air putih yang cukup, mengurangi konsumsi alcohol dan merokok. Jangan ketinggalan juga untuk selalu memakai sunscreen ketika akan beraktivitas diluar ruangan. Akan tetapi, jika crow’s feet sudah muncul, segera rutin merawatnya dengan rajin menggunakan krim mata dengan kandungan anti oksidan, kolagen dan vitamin C yang tinggi sehingga kerutan dapat lebih tersamarkan.

2. Lingkar Mata Hitam
Masalah kulit satu ini lebih sering disebut dengan istilah mata panda. Problem kulit satu ini ditandai dengan timbulnya lingkaran hitam dan terkadang disertai dengan kantung mata yang membesar. Kemunculannya sendiri memang bisa mengenai siapa saja tanpa Batasan gender maupun usia. Lingkar mata yang menghitam membuat tampilan wajah seseorang menjadi kusam, tidak sehat dan sayu sehingga tampak tidak menarik.

Penyebab mata panda sendiri beragam, ada yang disebabkan jam tidur yang kurang, anemia, tidak menggunakan sunscreen ketika berada diluar ruangan atau faktor keturunan. Untuk mencegah terjadinya mata panda, selain memiliki pola tidur yang cukup Anda juga perlu menggunakan eye cream. Pilihlah eye cream yang mengandung niacinamide dan vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan rona gelap disekitar mata.

3. Mata Bengkak
Mata bengkak bisa disebabkan karena kurangnya waktu tidur atau terlalu banyak menghabiskan waktu didepan layar gadget. Selain itu, mata bengkak juga dapat menjadi tanda-tanda dari penuaan dini. Jaringan dan otot di area mata akan melemah seiring bertambahnya usia sehingga membentuk kantong mata.

Mata bengkak bisa dicegah dengan mengurangi konsumsi garam, karena kandungan sodium pada garam diketahui dapat menimbulkan penumpukan cairan di area mata. Jika mata bengkak sudah muncul, minimalisir dengan kompres air dingin, kantung the bekas atau irisan timun.

Kunjungi media sosial kami :
ig: 
forum diskusi: 
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *