Perbedaan Mineral Makeup dan Makeup Biasa?

Perbedaan Mineral Makeup dan Makeup Biasa?

Mineral makeup adalah makeup yang termasuk ke dalam produk yang diklaim aman, alami dan organik. Jenis makeup ini bertujuan membuat riasan tampak lebih alami. Iron oxides, talc, zinc oxide, dan titanium dioxide adalah kandungan yang terdapat dalam mineral makeup. Zat-zat tersebut telah dijadikan dalam bentuk mikro atau diurai sehingga menjadi partikel kecil untuk membuat makeup.

Iron dioxide merupakan komponen yang terbentuk dari besi dan oksigen, kegunaan senyawa ini adalah untuk menciptakan warna pada makeup.

Talc adalah komponen yang sering kita dengar di bahan-bahan kosmetik. Biasanya tak hanya ditemukan pada kosmetik, mineral lembut ini juga ditemukan pada makanan dan obat. Mineral ini terbuat dari magnesium, silikon, dan oksigen. Jika bahan ini ditemukan pada bedak, ia akan menyerap kelembapan, mencegah kulit jadi berminyak dan mencegah ruam.

Sedangkan zinc dioxide juga memiliki manfaat untuk mencegah iritasi kulit dan membantu penyembuhan kulit iritasi.

Mineral makeup semakin lengkap ketika ada kandungan titanium dioxide, fungsi dari komponen ini adalah sebagai pelindung dari sinar matahari, mengurangi risiko iritasi dan kemerahan akibat sinar matahari.

Penting untuk diketahui bahwa setiap produk mineral makeup akan memiliki bentuk mikro yang berbeda-beda. Perbedaannya dengan makeup lain, mineral makeup tidak mengandung minyak emolien, pewangi, serta bahan pengawet. Perlu diketahui juga bahwa pewangi dan bahan pengawet sering menyebabkan iritasi pada kulit.

Mineral makeup juga memiliki manfaat menghilangkan jerawat, serta masalah kulit seperti eksim. Bahan zinc dapat meredakan peradangan, namun tidak menyembuhkan secara keseluruhan. Minimnya bahan-bahan kimia seperti yang ditemukan pada makeup konvensional, membawa kelebihan berupa berkurangnya penyumbatan pori-pori, sehingga jerawat pun akan berkurang. Namun, perlu digarisbawahi, jika mengaplikasikan mineral makeup ini dengan makeup lainnya, fungsi tersebut jadi tidak ampuh.

Mineral makeup dipercaya lebih ringan, sehingga dapat dibawa tidur. Namun, kita tetap harus membersihkan makeup sebelum tidur. Kandungannya memang tidak seperti makeup lain, seperti tidak ada polimer tahan air, jadi mungkin tidak akan tahan lama seperti makeup lainnya. Kekurangannya adalah warna yang mineral makeup ini terbatas, jadi mungkin kita akan kesulitan menemukan yang cocok dengan warna kulit.

Kunjungi media sosial kami :
ig: 
forum diskusi: 
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *