Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Untuk menghilangkan bibir pecah-pecah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

• Kurangi kebiasaan menjilat bibir
Meski kadang bermaksud untuk membasahi bibir yang mengalami kekeringan, ternyata menjilati bibir justru memperburuk bibir pecah-pecah. Cepatnya air liur menguap menyebabkan bibir mengalami kondisi lebih kering daripada sebelum dijilat. Jika menjilati bibir disebabkan oleh pemakaian lip balm yang mengandung rasa, maka pemakaiannya sebaiknya dihindari.

• Gunakan pelindung bibir
Memakai lip balm bertabir surya saat beraktivitas di bawah sinar matahari dapat mencegah bibir pecah-pecah. Semakin sering beraktivitas di luar ruangan, semakin sering pula kebutuhan menggunakan pelindung bibir.

• Hindari pemicu alergi
Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang bisa memicu alergi. Sebagian orang rentan alergi terhadap produk parfum, pewarna, kosmetik, atau produk perawatan kulit.

• Jaga tingkat kelembapan
Untuk menjaga kelembapan pada bibir, penting untuk cukup minum air putih, agar tubuh termasuk bibir tetap terhidrasi. Jika perlu, pasanglah pelembap udara di ruangan.

• Bernapas melalui hidung
Beberapa orang mungkin lebih suka bernapas memakai mulut daripada hidung mereka. Kebiasaan bernapas dengan mulut ini sebaiknya dihindari karena dapat memperburuk kondisi bibir pecah-pecah.

• Hindari pemakaian obat-obatan tertentu
Beberapa obat dapat menimbulkan efek samping berupa bibir pecah-pecah. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi, cemas berlebih, alergi, rasa nyeri, jerawat, dan masalah penapasan, bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti hal tersebut. Jika sangat mengganggu, Anda bisa mempertimbangkan alternatif obat lain.

Meski bibir pecah-pecah dapat sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa orang, hal tersebut bisa berubah menjadi kian parah. Jika sudah parah, bibir pecah-pecah bisa berubah menjadi cheilitis atau peradangan pada bagian permukaan bibir. Tanda spesifik dari cheilitis adalah munculnya pecah-pecah di sudut bibir dan bisa disertai oleh infeksi. Jika bibir pecah-pecah sulit diatasi atau sudah menjadi cheilitis, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Kunjungi media sosial kami :
ig: 
forum diskusi: 
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *