Jerawat di Telinga

Jerawat di Telinga

Jerawat dapat tumbuh di mana pun, seperti wajah, punggung, leher, termasuk di telinga. Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori dan umumnya paling memengaruhi daerah yang mengandung kelenjar minyak cukup banyak, termasuk wajah dan punggung.

Munculnya jerawat di telinga merupakan hal yang tidak biasa. Jerawat dapat muncul di daun telinga dan saluran telinga luar. Kulit telinga luar meliputi tulang rawan dan sejumlah kecil lemak. Kulit lubang telinga memiliki sel-sel rambut, serta kelenjar yang menghasilkan minyak dan kotoran telinga. Kelenjar yang menghasilkan terlalu banyak minyak ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di telinga. Jerawat di telinga juga muncul ketika sel-sel kulit mati atau bakteri muncul pada pori-pori kulit telinga.

Kemunculan bakteri di telinga bisa dikarenakan beberapa hal, seperti penggunaan earphone atau headphone yang jarang dibersihkan, atau karena sering menyentuh dan menggaruk telinga menggunakan jari. Penyebab lainnya karena ketidakseimbangan hormon, stres, atau reaksi alergi terhadap kosmetik, kain, maupun produk perawatan rambut.

Jerawat bisa tumbuh di mana pun, mulai dari wajah, punggung, leher, termasuk di telinga. Jika jerawat terasa sakit, segera berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan perawatan terbaik yang sesuai . Hanya dokter yang dapat menentukan apakah tipe jerawat ringan, sedang atau berat. Beberapa jenis pengobatan untuk jerawat tersedia yang dijual secara bebas dan dengan resep dokter. Berikut ini adalah beberapa obat untuk mengatasi jerawat yang bisa dicoba:

  • Obat topikal yang mengandung vitamin A yang dijual bebas maupun dengan resep dokter. Contoh paling sering diresepkan adalah Tretinoin. Obat ini tidak boleh digunakan pada saat hamil karena dilaporkan dapat menyebabkan kelainan pada bayi.
  • Benzoil peeroxide tersedia dalam bentuk gel, losion, krim, dan sabun. Obat ini yang paling umum digunakan dan efektif untuk mengatasi jerawat. Karena kandungan ini dapat membunuh bakteri, mengeringkan kulit berminyak, dan membuat kulit mengelupas. Untuk jerawat tingkat sedang, cukup menggunakan obat jerawat dengan kandungan benzoyl peroxide minimal 5 persen. Hindari menggunakan obat ini pada luka terbuka, serta bagian dalam mulut dan hidung.
  • Dokter mungkin akan menyarankan antiobiotik seperti minocycline, doxicyclin, dan tetracyclie untuk mengobati jerawat dan peradangan yang diakibatkan bakteri .

Kunjungi media sosial kami :

ig:

forum diskusi:

fanpage:

youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *