Apa Tanda-tanda Purging?

Apa Tanda-tanda Purging?

Assalamualaikum, Semangat pagi Amotee Lovers 😊

Purging merupakan salah satu istilah dalam dunia kecantikan yang berarti pembersih. Proses purging akan kita lalui pada fase awal penggunaan produk skin care ataupun fase pergantian produk skin care dari yang biasa digunakan ke produk baru. Sedangkan dalam dunia medis, purging merupakan kondisi yang terjadi akibat penggunaan kosmetik atau bahan kimia lain yang memiliki kandungan seperti AHA, BHA  atau produk berjenis scrub, peeling, atau retinoid yang memang memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit. Bahan-bahan tersebut akan menyebabkan kulit terlihat bersisik dan tampak memiliki benjolan yang biasanya akan menghilang tanpa ada fase kemerahan, bengkak, atau radang pada kulit.

Tujuan melakukan purging adalah untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati yang tertumpuk dan komedo. Hal ini akan menyebabkan munculnya jerawat yang semakin banyak dan semakin parah.

Pada umumnya purging terjadi selama 3-4 minggu. Hal ini tergantung dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang. Jadi kita tidak perlu khawatir terhadap kondisi kulit kita ketika mengalami purging. Namun, apabila kondisi kulit ini masih terjadi selama lebih dari 4 minggu, maka kita harus waspada dan segera menghentukan penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang biasa digunakan.

Berikut adalah tanda-tanda terjadinya purging pada kulit kita.

  • Tanda purging yang pertama tentunya tumbuh jerawat pada beberapa bagian kulit wajah yang sering ditumbuhi jerawat.Jerawat yang tumbuh juga akan terus menerus keluar.
  • Selain tumbuhnya jerawat, tanda purging lainnya ialah tekstur kulit wajah pun menjadi kering. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan bahan pada skincare tersebut yang juga bekerja untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.
  • Kulit wajah pun akan terasa sangat gatal ketika mengalami purging. Rasa gatal yang hebat pada kulit tentunya juga dapat menimbulkan kemerahan pada kulit.
  • Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui mengenai salah satu tanda purging ialah bahwa purging tidak menyebabkan iritasi pada kulit kecuali kalau itu ulah jarimu yang jahil.
  • Tanda purging yang terakhir ialah lama kelamaan kulit wajahmu akan kembali normal dengan berkurangnya jerawat pada kulitmu hingga kulit wajahmu menjadi sangat bersih.

Kunjungi media sosial kami :

ig:

forum diskusi:

fanpage:

youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *