Kenali Jenis Flek Hitam Usia Tua

Kenali Jenis Flek Hitam Usia Tua

Kulit wajah adalah salah satu bagian dari tubuh yang paling rentan mengalami masalah. Seiring bertambahnya usia kulit akan berubah terutama pada warna kulit akibat banyak faktor.
Jika tidak dilindungi sejak dini, kulit akan bermasalah dan muncul beberapa flek yang akan sulit dihilangkan. Berikut jenis-jenis flek pada wajah yang biasanya terjadi di usia tua karena pengaruh sinar UV, hormon, dan genetik.

  1. Seboroik Keratosis
    Ini terlihat seperti kutil yang terjadi pada orang tua berwarna cokelat muda, cokelat dan hitam. Seboroik keratosis ini merupakan keratin yang menebal karena proses penuaan. Kulit pada normalnya akan mengalami pergantian setiap 30 hari, namun pada seboroik keratosis ini timbul karena ada bagian yang menebal dan tidak lepas. Ada juga bagian yang tidak seimbang antara yang menebal dan tidak. Bercak seperti ini terjadi pada wajah dan punggung, daerah-daerah yang biasanya terkena sinar matahari.
  2. Lentigo
    Merupakan bercak yang tidak mengalami penebalan, biasanya terjadi pada orang di usia tua. Ciri-cirinya ada bulatan cokelat pada wajah. Mirip seperti freckless, namun muncul dengan penampilan bintik-bintik kecil di wajah. Penyebabnya karena sinar matahari dan keturunan.
  3. Melasma
    Adalah penumpukan pigmen yang biasanya sering terjadi di wajah dan biasanya lebih lebar. Ada tiga jenis, yaitu di bagian tengah wajah, pipi, dan rahang. Ini biasa dialami wanita dibandingkan pria. Dan akan terlihat pada usia 40 tahun ke atas. Namun, saat ini sudah mulai terjadi pada usia 30 tahun ke atas. Penyebabnya dari sinar UV A, ketidakseimbangan hormon, dan genetik.

Kunjungi media sosial kami :
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *