Penyebab Jerawat Di Badan

Penyebab Jerawat Di Badan

Tidak seperti di wajah, kemunculan jerawat di badan sering tidak disadari. Padahal, jerawat di badan juga bisa membuat tidak nyaman.
Tubuh menghasilkan minyak yang disebut dengan sebum. Sebum biasanya diproduksi berlebih salah satunya ketika kadar hormon dalam tubuh meningkat sehingga tidak stabil.
Pada saat yang sama, sel-sel kulit mati yang tidak rontok akan menyumbat folikel. Kombinasi dari proses ini kemudian membuat pori menjadi tersumbat oleh minyak dan kulit mati.
Kondisi ini menjadi lingkungan yang disukai bakteri untuk berkembang biak, terutama bakteri Propionibacterium acnes. Hal inilah yang kemudian membuat sumbatan pori membengkak dan meradang yang dikenal dengan sebutan jerawat.
Selain jerawat yang meradang, jerawat di punggung juga bisa berupa:
• Komedo putih (whitehead)
• Komedo hitam (blackhead)
• Papula (bintik merah)
• Nodul (benjolan di dalam kulit yang besar)
• Kista (benjolan besar berisi air dan nanah yang terasa sangat sakit)
Jerawat juga bisa muncul di punggung dipengaruhi oleh faktor genetik. Itu artinya, peluang akan lebih besar untuk mengalaminya jika punya orangtua dengan kondisi yang sama.
Tidak hanya itu, obat-obatan tertentu, keringat yang terperangkap saat pakai pakaian ketat, dan stres juga bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat di punggung.
Kunjungi media sosial kami :
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *