Apakah Pil KB Merusak Kecantikan?

Apakah Pil KB Merusak Kecantikan?

Pil KB digunakan banyak wanita untuk mengontrol kehamilan. Namun, sayangnya banyak yang menyatakan bahwa pil KB bisa mempengaruhi kecantikan kita. Hal ini disebabkan karena pil KB memiliki efek terhadap level hormon seseorang dan mempengaruhi tubuh wanita. Apakah pil KB memiliki dampak yang buruk terhadap kecantikan seperti yang telah banyak orang kira? Berikut adalah dampak-dampak yang bisa terjadi ketika mengkonsumsi pil KB, apalagi dalam jangka panjang.

Bercak cokelat pada kulit
Wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi kemungkinan mengalami bercak coklat pada kulit wajah. Ini bisa jadi dikarenakan dosis obat yang dikonsumsi. Jika kamu mengalami hal ini saat mengonsumsi pil KB segeralah berkonsultasi dengan dokter sehingga bisa memberikan dosis pil atau jenis pil yang cocok dengan tubuh. Bercak ini sering kali terlihat seperti flek pada wajah yang nantinya akan sulit untuk diatasi karena pengaruh hormonal akibat mengkonsumsi pil KB.

Sensitivitas matahari
Pil KB ternyata bisa membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari. Akibatnya mungkin mengalami perubahan warna kulit pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari. Kondisi ini juga dikenal sebagai “melasma”. Melasma ditandai dengan bercak-bercak hitam pada hidung, dahi, pipi bagian atas, bibir dan daerah bibir atas.

Berat badan
Salah satu kelemahan dari konsumsi pil kontrasepsi adalah kenaikan berat badan. Penggunaan jangka panjang pil kontrasepsi dapat membuat pinggul dan payudara yang lebih berat. Inilah yang membuat penampilan jadi kurang menarik.

Kulit dan mata kuning
Salah satu efek samping penggunaan pil KB yang lebih serius adalah warna kulit kuning. Selain itu warna mata juga bisa berubah menjadi kuning. Jika sudah mengalami tanda-tanda ini ada lebih baik disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Pandangan kabur
Selain membuat kulit dan mata jadi berwarna kuning, pil KB beresiko menyebabkan efek pada penglihatan, yaitu membuat pandangan menjadi kabur. Jika sudah merasakan efek ini segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Kunjungi media sosial kami :
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *