KULIT MENJADI KUSAM KETIKA HAMIL ?

Kulit Menjadi Kusam Ketika Hamil?

Ketika hamil perut akan membesar, berat badan naik, rambut rontok, kaki bengkak, dan yang tidak banyak orang sadari adalah perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap. Bagi yang menyadarinya pasti bertanya-tanya, apakah hal ini normal?

Ibu mungkin pernah mendapati kulit menjadi lebih gelap dari biasanya dan muncul bercak atau bintik hitam pada kulit ketika memasuki masa kehamilan. Padahal ibu merasa jarang keluar rumah dan jarang terkena sinar matahari. Namun tidak perlu khawatir karena, kondisi seperti ini sangat wajar dan banyak dialami ibu hamil lainnya.

Salah satu kondisi yang menyebabkan kulit tampak lebih gelap ketika hamil disebut melasma. Kondisi ini dapatterjadi karena perubahan hormon pada masa kehamilan yang merangsang produksi melanin dalam tubuh yang merupakan pigmen alami untuk memberi warna pada mata, kulit, dan rambut.

Melasma akan ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna gelap di sekitar hidung, bagian atas bibir, dahi, dan tulang pipi, leher, rahang, lengan, dan bagian lain yang terpapar sinar matahari. Begitu juga bagian kulit yang sering mengalami gesekan, seperti sisi dalam paha dan ketiak. Melasma sering menyerupai bentuk masker wajah, sehingga kondisi ini sering disebut sebagai topeng kehamilan atau chloasma gravidarum.

Ketika ibu mengalami melasma, bagian tubuh lain yang memang sudah berwarna gelap, seperti bekas luka, puting, dan kulit di sekitar alat kelamin, akan menjadi bertambah gelap. Untuk itu hindari paparan sinar matahari berlebihan, sebab dapat memperburuk kondisi kulit.

Melasma dapat hilang dengan sendirinya setelah melahirkan, jadi tidak perlu khawatir kulit akan menjadi gelap selamanya. Namun ada baiknya kita merawat kulit untuk meredakan dan membantu mengurangi risiko timbulnya melasma, antara lain:

•           Gunakan tabir surya

•           Gunakan pakaian yang menutup kulit.

•           Batasi aktivitas di luar ruangan pada siang hari

•           Jangan sembarangan menggunakan pembersih wajah

•           Jangan melakukan waxing

•           Samarkan melasma dengan make-up

 

Kunjungi media sosial kami :

website:

ig:

forum diskusi:

fanpage:

youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *