SULIT MENGATASI KULIT KERING DAN BERSISIK

Sulit Mengatasi Kulit Kering Bersisik?

Setiap orang tentunya memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Dan setiap jenisnya dapat dipengaruhi dari faktor internal seperti genetik dan metabolisme kita masing-masing ataupun karena faktor eksternal seperti lingkungan dan iklim / cuaca. Pasti setiap orang tidak ada yang menginginkan memiliki kulit yang kering bersisik karena akan mengganggu penampilan dan akan sangat sulit untuk ditutupi. Apalagi tak jarang konsisi ini disertai dengan rasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas kita. Berikut adalah solusi untuk mengatasi masalah kulit bersisik dengan mudah di rumah.

  1. Mandi dan kompres kulit kita dengan air hangat. Dengan suhu yang suam-suam kuku namun jangan terlalu lama sekitar 10-15 menit saja cukup. Air hangat dapat melucuti minyak alami tubuh dan kita perlu penghalang yang membantu menghalangi kelembapan kulit agar tetap terjaga  sehingga kulit kita akan halus dan lebih lembab.
  2. Gunakan sabun pembersih yang tepat. Hindari produk yang mengandung lauryl sulfate karena akan menguras kelembapan kulit. Pilih juga produk yang bebas dari pewangi dan pewarna dan diberi label moisturizing.
  3. Keringkan tubuh dengan baik karena jika kita meninggalkan kulit dengan kondisi tetap basah akan justru menyebabkan kondisi yang lebih kering akibat air yang telah benar-benar menguap. Hindari menggunakan handuk dengan tekstur yang kasar pada kulit kita karena dapat membuat kulit kita rusak dan kering hingga iritasi. Gunakan handuk yang lembut untuk kulit dan tepuk-tepuk bagian wajah jangan menggosoknya.
  4. Gunakanlah pelembab yang tepat untuk kulit kita setidaknya 2 kali dalam sehari  dengan bahan yang ringan nonkomedogenik atau bisa juga menggunakan petroleum jelly. Kita dapat memilih pelembab yang mengandung shea butter, ceramides, asam stearat atau gliserin untuk mendapatkan pelembab yang sangat melembabkan kulit kita. Pelembab yang mengandung asam laktat akan membantu mengangkat lapisan atas kulit kering yang bersisik dan menembus lapisan dibawahnya.
  5. Kita juga bisa meracik sendiri masker wajah alami untuk mengatasi kulit kasar bersisik seperti menggunakan madu, yogurt, aloevera dan alpukat. Hindari menggunakan peeling wajah dengan tekstur kasar atau tanah liat, karena dapat menarik kelembapan wajah dan membuat kulit menjadi kasar hingga bersisik.
  6. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit kita dari sengatan sinar matahari yang merupakan salah satu faktor penyebab kulit menjadi kering dan bersisik.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *