TIPS MENGHADAPI MASALAH BIBIR KERING DAN PECAH-PECAH

Tips Menghadapi Masalah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah rentan terjadi dan dapat mengganggu penampilan ketika sedang beraktivitas sehari-hari. Kulit bibir akan rawan mengalami pengelupasan dan berdarah serta tampak lebih gelap apabila tidak dirawat dengan baik.

Bibir yang lembab dan sehat tentunya lebih terasa nyaman dan menarik untuk dilihat, akan tetapi ada banyak faktor yang mampu menimbulkan gangguan pada bibir, terutama kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah. Factor tersebut diantaranya karena kondisi lingkungan seperti suhu atau cuaca, keadaan tubuh yang sedang mengalami suatu penyakit, atau gaya hidup yang buruk.

Sebelum bibir kering dan pecah-pecah terjadi, berikut tips untuk mengatasinya:

  • Gunakan pelembab bibir yang mengandung SPF/tabir surya untuk melindungi bibir setiap akan beraktivitas diluar ruangan. Paparan radiasi sinar ultraviolet dapat membuat kulit dan bibir menjadi kering dan mudah terkelupas.
  • Gunakan petroleum jelly secara rutin. Bahan yang dapat digunakan secara multifungsi untuk kulit maupun bibir ini bermanfaat untuk melindungi kadar cairan pada permukaan kulit dan bibir.
  • Bagi Anda yang menggunakan lipstick setiap hari, hindari untuk terlalu sering mengganti lipstick terutama jika lipstick bersifat matte. Lipstick jenis tersebut dapat membuat bibir menjadi semakin kering dan mengelupas. Jika perlu, gunakan pelembab setiap sebelum maupun sesudah mengaplikasikan lipstick. Ketika akan menghapus lipstick pada bibir, Anda juga bias menggunakan petroleum jelly untuk menghapus sekaligus melembabkannya.
  • Apabila bibir tampak mengelupas, jangan tarik begitu saja kulit yang kering, sebab akan membuatnya menjadi berdarah. Sehingga, pastikan untuk menggunakan scrub bibir terlebih dahulu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Setelahnya, jangan lupa untuk tetap menggunakan pelembab petroleum jelly atau bisa juga diganti dengan campuran madu dan sedikit gula pasir.

Untuk mendukung perawatan yang dilakukan sesuai dengan cara dan bahan diatas, sebaiknya anda juga memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar kulit dan bibir tetap lembab dengan cara minum air putih yang cukup sebanyak minimal 2 liter per hari. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan konsumsi buah dan sayuran yang cukup.
  • Hindari terlalu lama berada di ruangan ber-AC karena kondisi ruangan tersebut akan mempermudah bibir menjadi kering.
  • Hindari untuk menjilat bibir jika terasa kering, alih-alih melembabkan, bibir justru akan mengalami dehidrasi karena air ludah pada bibir membuat penguapan menjadi semakin cepat.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *