PENYEBAB MUKA MERAH

Penyebab Muka Merah

Muka merah dapat diakibatkan oleh banyak hal seperti emosi  saat kita merasa malu, marah dan stress sehingga aliran darah pada wajah kita meningkat dan membuat warna wajah kita berubah menjadi merah. Muka kita berubah warna merah akibat dari aktivitas saraf simpatik yang merupakan sistem saraf yang berfungsi dalam mempercepat detak jantung, menyempitkan pembuluh darah, dan meningkatkan tekanan darah. Namun selain itu, muka merah juga dapat disebabkanoleh masalah yang lainnya.

Kulit wajah kita bisa memerah akibat dari banyak hal seperti :

  1. Penyakit tertentu, karena banyak penyakit yang akan mengakibatkan salah satu kondisi medisnya adalah muka merah, misalnya jerawat, rosacea yang membuat area wajah menjadi merah dan sulit dihilangkan dan terasa perih dan menyengat, serta tampak pembuluh darah kecil dari permukaan kulit, dermatitis seboroik, dan penyakit lupus.
  2. Menopause, yang terjadi ketika siklus menstruasi wanita sudah berakhir dan produksi hormon  estrogen berkurang. Sebagian besar wanita yang sudah menopause akan mengalami hot flash yaitu sensai panas yang tiba-tiba diasakan pada wajah dan tubuh selama beberapa saat dan hal ini dapat membuat muka menjadi merah.
  3. Efek samping dari obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, CCB, hormon tiroid, prostaglandin, rifampin, nitrogliserin dapan menyebabkan muka merah.
  4. Makanan tertentu yang kita makan juga dapat menyebabkan wajah kita merah, seperti makanan yang sangat pedas dan asam karena dapat melebarkan pembuluh darah.
  5. Mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat menyebabkan muka merah, mual, dan pusing yang disebabkan karena pelebaran pembuluh darah di muka.
  6. Berolahraga atau ketika kita merasa lelah setelah melakukan aktivitas yang cukup berat. Hal ini terjadi karena pembuluh darah kita melebar dan tekanan darah kita juga meningkat.
  7. Terbakar sinar matahari. Akibat dari terpapar sinar matahari terlalu lama akan membuat kulit kita mengalami kemerahan dan terasa nyeri. Jika dibiarkan akan menyebabkan kulit kita kering, gelap dan rusak.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *