BAHAN-BAHAN BERBAHAYA DALAM KOSMETIK

Bahan-Bahan Berbahaya dalam Kosmetik

Berbagai produk kecantikan yang beredar di pasaran menawarkan banyak keuntungan yang menggiurkan bagi para kaum wanita. Mulai dari membuat kulit tampak lebih putih, terlihat awet muda dengan tidak menimbulkan kerutan di wajah hingga wajah yang bersih bebas jerawat. Bentuk dari produk inipun beragam, mulai dari foundation, concealer, serum, krim pagi dan malam dan sebagainya. Akan tetapi, semua kosmetik tentunya tidak pernah lepas dari penggunaan bahan kimiawi. Memang terdapat bahan-bahan kimia yang dinyatakan aman dan diperbolehkan untuk digunakan pada tubuh, akan tetapi tidak sedikit bahan-bahan kimia yang ada dalam kosmetik yang cenderung berbahaya. Apa saja bahan-bahan tersebut? Yuk simak penjelasannya kali ini:

1.            Merkuri

Merkuri merupakan logam berat berbahaya yang dalam jumlah yang sedikit saja sudah dapat bersifat racun. Merkuri kerap ditambahkan dalam formula produk eye shadow, blush on maupun bedak sebagai pengawet. Selain itu bahan ini juga sering dijumpai sebagai krim pemutih wajah. Apabila terserap tubuh bahan ini dapat menyebabkanpenyakit ginjal, penyakit paru-paru dan kerusakan otak maupun saraf.

2.            Phthalates

Bahan ini merupakan senyawa kimia yang terdiri dari diethylphthalate (DEP), dibutylphthalate (DBP) dan dimethylphthalate (DMP). Zat ini sering ditemui dalam cat kuku, parfum, sabun, hair spray maupun losion. Apabila Anda sedang hamil, disarankan untuk berhati-hati ketika menggunakan kosmetik yang mengandung bahan tersebut, sebab bisa meningkatkan risiko keguguran.

3.            Formalin

Formalin adalah zat yang biasa digunakan untuk mengawetkan jasad yang sudah mati (baik manusia maupun hewan). Zat ini bersifat karsinogen atau bisa memicu kanker. Formalin biasa dijumpai dalam beberapa jenis kosmetik seperti kuteks, lem bulu mata, sabun mandi, produk pelurus rambut maupun gel rambut.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *