PENYEBAB KETOMBE DAN CARA MENGATASINYA

Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Ketombe adalah serpihan kering dan berwarna putih yang muncul dari rambut dan kulit kepala yang bisa menimpa siapa saja. Meskipun kemunculannya tidak disukai, tetapi kenyataannya ketombe terjadi pada hampir setengah populasi dunia. Temukan faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya ketombe dan bagaimana cara mengatasinya yang tepat berikut ini:

1.            Kulit kepala kering

Kulit kepala kering adalah kondisi dimana kulit kepala sama seperti bagaimana kulit tubuh mengelupas ketika kering. Bentuk ketombe yang muncul dari kulit kepala kering cenderung berupa serpihan yang lebih kecil dan tidak terlalu berminyak.

2.            Jamur kulit kepala

Penyebab ketombe yang lain adalah mikroba Malessazia globosa yang muncul secara alami di kulit kepala. Mikroba ini seperti ragi, yang muncul di kulit kepala yang sehat. Akan tetapi ketika pelindung kulit kepala lemah maka mikroba ini akan menyebabkan iritasi dan menyebabkan peradangan kulit kepala dan ketombe.

3.            Cuaca dan musim

Kondisi cuaca atau musim yang panas akan memnciptakan kondisi ideal bagi mikroba Malessazia berkembang dan menimbulkan ketombe.

4.            Stress

Stress yang anda rasakan akan berpengaruh terhadap keseimbangan hormon dalam tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya produksi sebum atau minyak yang berlebih. Malessazia sebagai mikroba yang mengurai sebum kemudian akan memulai siklus yang mengakibatkan pengelupasan sel-sel kulit sebagai ketombe.

Untuk mengatasi ketombe yang timbul, pastikan untuk menjaga kebersihan kulit kepala dengan rutin keramas dua hari sekali menggunakan shampoo anti ketombe yang beredar di pasaran. Bagi yang memakai kerudung, disarankan untuk tidak terlalu kencang ketika mengikat rambut dan melepas ikatan rambut ketika sudah berada di rumah agar sirkulasi udara di permukaan kulit menjadi lancar kembali dan tidak lembab. Apabila ketombe semakin parah, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kunjungi media sosial kami :
website: https://bit.ly/2GIZ53C
ig: https://bit.ly/2W7FxLo
forum diskusi: https://bit.ly/2FnTOwu
fanpage: https://bit.ly/2Osjbl2
youtube: https://bit.ly/2ZUNOo2

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *