Bahaya Sinar UV Pada Kulit

Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Untuk kesehatan sinar matahari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh kita yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan pembentukan tulang dan kepadatannya. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang keropos atau osteoporosis.

Namun selain memiliki manfaat bagi kesehatan, sinar matahari yang berlebihan juga tidak baik, terutama bagi kulit kita. Karena dalam sinar matahari terdapat sinar UV A dan UV B yang berbahaya bagi kesehatan kulit kita ketika terpapar olehnya dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah bahaya paparan sinar UV pada kulit kita.

  1. Penuaan dini. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan pada kulit kita akan menyebabkan kerusakan pada serat kolagen dan elastin yang berperan untuk pembentukan sel kulit. Akibatnya kulit akan menjadi keriput sebelum waktunya, menjadi tidak elastis atau kendur, dan pori-pori akan membesar.
  2. Resiko kanker. Radiasi dalam jangka panjang akibat sinar matahari akan meningkatkan resiko terkena penyakit kanker kulit akibat kerusakan materi genetik pada sel kulit. Kerusakan yang terjadi akan membuat pertumbuhan kulit menjadi tidak terkendali dan dan juga meluas ke jaringan sekitar dan kelenjar getah bening.
  3. Kulit terbakar. Paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV dapat merusak pigmen kulit kita, membuat warna kulit menjadi kemerahan hingga coklat terbakar. Sinar ultraviolet berpotensi memicu reaksi inflamasi yang mengancam kesehatan tubu, penuaan dini dan kanker kulit.
  4. Gangguan mata. Paparan sinar matahari / UV pada mata akan membuat saraf pusat penglihatan dan makula menjadi rusak dan beresiko menyebabkan katarak.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *