Kulit Sehat Seperti Apa?

Memiliki kulit yang sehat adalah impian semua orang. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana kulit yang sehat itu. Pada dasarnya kulit yang sehat itu adalah kulit yang bebas dari berbagai masalah atau tanda-tanda tidak normal. Berikut adalah komponen penting yang dapat kita lihat untuk mengidentifikasi kesehatan kulit kita.

  • Warna kulit

Kulit yang tidak sehat umumnya ditandai dengan perbedaan warna (pigmentasi) yang menyebar di permukaan kulit. Seperti flek cokelat akibat paparan sinar matahari atau noda hitam bekas jerawat. Jika terdapat bercak putih belang-belang yang gatal di kulit, ini menandakan panu. Warna kemerahan pada kulit besa menjadi tanda kulit mengalami peradangan atau kerusakan. Warna kulit yang kusam dan lingkaran gelap di sekitar mata juga bisa menandakan bahwa kulit sedang kelelahan dan mengalami dehidrasi.

  • Tekstur kulit

Kulit yang sehat sudah pasti akan terasa kenyal, lembut, dan halus. Jika merasakan kulit kasar seperti ada benjolan-benjolan kecil; mengering dan berkeriput; atau mengendur, maka menandakan bahwa kulit sedang bermasalah. Biasanya penyebab kulit kasar adalah jerawat, bekas luka, komedo, keriput, atau iritasi.

  • Kulit lembab

Kulit yang sehat akan terasa lembap karena asupan air untuk kulit terpenuhi. Air akan menjaga keseimbangan sebum di permukaan kulit sehingga mencegah munculnya jerawat atau kulit berminyak, serta berperan penting dalam produksi kolagen. Kulit yang kekurangan air akan merasakan sensasi kering sehingga muncul tanda-tanda penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Kulit kering biasanya mudah gatal dan bersisik atau mengelupas.

  • Sensasi pada kulit

Kulit sehat tidak akan menimbulkan sensasi aneh atau tidak nyaman pada kulit. Namun jika bermasalah, mungkin akan merasakan sensasi seperti gatal, sensasi panas terbakar, atau kencang seperti tertarik. Sensasi tersebut dapat muncul akibat penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang terlalu keras bagi kulit kita. Zat yang sifatnya terlalu keras bisa menimbulkan reaksi seperti perubahan warna dan menimbulkan sensasi tidak nyaman pada kulit. Sebaiknya hentikan pemakaian produk agar kulit tidak semakin rusak.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *