Kebiasaan yang memicu jerawat

Salah satu masalah kulit wajah yang sering terjadi adalah timbulnya jerawat. Jerawat yang timbul dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak bisa tampil dengan maksimal. Banyak hal yang dapat memicu timbulnya jerawat, namun banyak orang juga tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan yang mereka lakukan adalah pemicunya. Perawatan wajah yang mahal tidak akan berhasil jika kebiasaan-kebiasaan ini masih saja dilakukan.

  • Menyentuh wajah dengan tangan kotor. Ini adalah hal yang sering dilakukan akibatnya bakteri dan berbagai kotoran di tangan akan menempel pada kulit wajah dan menyumbat pori-pori dan rentan menimbulkan jerawat. Selain kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor, benda-benda yang menempel di wajah seperti handphone, alat make-up, bahkan keringat pun dapat memicu tumbuhnya jerawat.
  • Kondisi rambut yang kotor atau kurang terawat sehingga rambut bau dan lepek akibatnya kotoran pada rambut menempel pada wajah dan akan menyebabkan jerawat. Untuk itu bersihkan rambut secara rutin dan hindari menggunakan produk rambut pada dahi.
  • Bergonta-ganti obat jerawat akibat tidak adanya perubahan pada permasalahan jerawat yang terjadi. Pengobatan jerawat dapat memakan waktu satu bulan atau lebih sebelum hasilnya terlihat. Untuk itu haraplah bersabar dalam menggunakan obat jerawat untuk mendapatkan hasil karena pengobatan yang tidak bisa instan.
  • Terlalu sering mencuci muka atau melakukan eksfoliasi (scrub) dapat memicu muka berjerawat kerena dapat membuat kulit iritasi dan semakin sensitif karena sebenarnya wajah memproduksi minyak untuk melembabkan dan melindungi wajah. Selain itu, mencuci muka berkali-kali dengan sabun dapat menyebabkan acne detergicans, yaitu kondisi di mana jerawat timbul akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau pembersih.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *