Menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Sering kali kita mendapati banyak nyamuk yang berada disekeliling kita dan menyebabkan rasa gatal-gatal akibat gigitannya. Belum lagi gigitan tersebut menimbulkan bekas yang akan mengganggu penampilan kita.

Nyamuk akan menusuk kulit dengan ujung moncong tajamnya, kemudian mengeluarkan air liur untuk menjaga darah agar tidak cepat menggumpal sehingga lebih mudah diisap. Air liur nyamuk tersebut mengandung enzim dan protein asing yang dianggap membahayakan oleh tubuh kita, sehingga sistem imun akan memproduksi histamin dalam jumlah banyak untuk melawan zat asing tersebut.

Kadar histamin yang berlebihan dalam tubuh akan meningkatkan aliran darah dan jumlah sel darah putih di sekitar area gigitan nyamuk, sehingga mengakibatkan peradangan dan pembengkakan kulit, khas bintik-bintik gigitan nyamuk. Untuk menghilangkan bekas gigitan ini, berikut adalah tipsnya.

  1. Cuci dengan air sabun dan air hangat pada area yang digigit. Bisa juga dengan mengkompres dengan air dingin ke kulit bekas gigitan untuk meringankan rasa gatal. Mengkonsumsi obat antihistamin juga dapat meredakan rasa gatal. Semakin cepat pengobatan dilakukan semakin kecil kemungkinan bekas muncul dan lebih mudah dihilangkan.
  2. Kemudaian oleskan dengan minyak atau krim dengan kandungan vitamin E dalam 2 kali sehari untuk mengurangi kemerahan dan mempercepat penyembuhan iritasi kulit.
  3. Gunakan masker buah alami 2 kali sehari sekitar 10 menit, seperti lemon, tomat, atau pepaya yang ditumbuk halus karena akan mencerahkan kulit.
  4. Gunakan krim dari dokter dengan kandungan kortikosteroid atau retinoid untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk di kulit.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *