Memilih Pelembab Untuk Kulit Kering

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda, salah satunya adalah kulit yang kering. Untuk itu dibutuhkan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit dan menjaganya agar tetap sehat. Untuk memilih pelembab yang tepat, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan.

  1. Kenali jenis kulit kita. Kulit kering ditandai dengan kulit yang terasa kasar, bersisik dan mengelupas, dan bisa juga disertai dengan rasa gatal. Selain itu kita juga harus memastikan masalah kulit kering yang mana yang paling mengganggu dan harus diatasi. Kita juga harus tahu tipe kulit kita apakah sensitif atau memiliki alergi terhatap bahan tertentu. Untuk itu kita dapat mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis kulit atau ahli kecantikan dan menentukan pelembab seperti apa yang diperlukan.
  2. Konsistensi pelembab yang seperti apa yang sesuai dengan kulit kita. Untuk kulit normal, lebih cocok menggunakan pelembab dalam bentuk krim. Untuk kulit kering membutuhkan pelembab dengan konsistensi yang lebih kental seperti bentuk salep atau body butter. Sedangkan untuk kulit berminyak dibutuhkan pelembab dalam konsistensi yang encer seperti lotion.
  3. Kandungan pelembab. Untuk kulit kerng direkomendasikan pelembab yang mengandung shea butter, asam hialuronat, lanolin, ceramides, asam stearat, atau gliserin. Gliserin akan membantu menarik air ke kulit. Asam hialuronat akan menjaga keseimbangan cairan pada kulit. Sementara lanolin akan mengunci kelembapan pada kulit. Ada juga pelembab yang mengandung SPF atau berfungsi sebagai sunblock untuk kita yang sering beraktivitas diluar ruangan untuk melindungi kulit dari sinar UV, dan kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Pelembab yang harus kita hindari adalah yang mengandung toner atau astringent yang dapat menarik kelembapan kulit dan retinol yang dapat membuat kulit menjadi semakin kering.
  4. Membeli ukuran kecil terlebih dahulu, supaya jika kita tidak cocok memakainya kita tidak perlu membuang produk yang masih banyak sisanya. Perhatikan pula tanda-tanda iritasi atau gejala alergi seperti bintik merah, gatal, atau membengkak. Jika hal ini terjadi segera hentikan pemakaian.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *