Mitos Atau Fakta Tidak Boleh Memegang /Memencet Jerawat

Hal ini kerap kali sering kita dengar, bahwa kita tidak boleh memegang atau memencet jerawat yang ada pada wajah kita dan sering kali kita merasa gemas untuk melakukannya karena melihat jerawat yang terlihat sudah matang.

Jerawat aktif terjadi ketika pori-pori kulit kita tersumbat oleh kelebihan minyak, sel kulit mati, bakteri, dan juga kotoran. Sebelum kita memegang dan memencetnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang  terjadi dibawah kulit, yaitu pori-pori kita sudah membengkak dan telah mengalami banyak tekanan.

Memencet jerawat apalagi dengan menggunakan alat yang tidak steril dapat menyebabkan infeksi bakteri dan mengakibatkan penyebaran bakteri ke bagian kulit yang lain. Memencet jerawan sendiri tidak disarankan karena harus menggunakan teknik yang tepat, karena jika tidak, ada kemungkinan bahwa komedonya belum dengan tuntas terangkat. Jika hal ini terjadi, sisa komedo yang tertinggal dan pori-pori yang terlanjur terbuka saat dipencet, akan membuat akses kuman untuk masuk lebih mudah.

Jerawat yang seperti itu dapat meinggalkan bekas dan membuat kulit kita terlihat tidak sehat dibandingkan dengan jerawat yang tidak diapa-apakan. Bekas jerawan akan membuat kulit kehitaman atau kemerahan dan dapat menimbulkan scar atau bopeng.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *