Perlu Tidak Sih Cuci Muka di Pagi Hari?

Perlu Tidak Sih Cuci Muka Di Pagi Hari?


Bagi sebagian wanita, rutinitas mencuci wajah tentu saja akan terasa jauh lebih bersih jika menggunakan facial wash atau jenis sabun lainnya. Meski demikian, tidak semua wanita berpendapat demikian. Ada juga yang menghindari penggunaan sabun di pagi hari dengan hanya mengandalkan air saja. Setelah diselidiki, ternyata mencuci wajah di pagi hari hanya dengan air menyimpan banyak manfaat.
Tubuh manusia bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang ada di dalamnya saat tidur. Perbaikan sel-sel ini juga termasuk kulit kita, dengan memproduksi minyak alami untuk menyeimbangkan kesehatan kulit, terutama pada area wajah. Minyak di wajah ketika bangun di pagi hari bukanlah hal buruk yang perlu diatasi, melainkan tanda bahwa tubuh masih bekerja dengan baik untuk memperbaiki kulit secara alami. Jika kita membersihkan wajah di pagi hari dengan bahan kimia, seperti sabun atau produk eksfoliasi lainnya, hal tersebut hanya akan menghilangkan kelembapan yang dihasilkan oleh minyak alami yang diproduksi oleh kulit tersebut.
Bagi yang memiliki tipe kulit berminyak, membasuh wajah hanya dengan air saja justru sangat disarankan di pagi hari. Hal ini dikarenakan sabun pada umumnya, terutama foaming cleanser, mengandung Sodium Lauryl Sulfate yang dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Terlalu sering membersihkan atau mencuci muka rupanya juga bisa menjadi salah satu pemicu produksi minyak yang berlebih, jerawat, bahkan kulit iritasi dan kemerahan. Sebum sendiri berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan menjaga kadar kelembapan kulit. Jika kamu terlalu sering mencuci wajah, kulit pun secara otomatis akan memproduksi lebih banyak sebum sebagai bentuk pertahanan agar tetap lembap. Oleh karena itu, jangan heran jika kulit wajah akan menjadi jauh lebih berminyak dari sebelumnya.
Sebagai gantinya, kita perlu fokus dengan perawatan kulit yang baik di malam hari, terutama sebelum tidur. Diawali dengan membersihkan wajah dengan produk pembersih untuk mengangkat segala kotoran, debu, polusi, dan minyak yang menempel di kulit setelah seharian beraktivitas. Kemudian, lanjutkan dengan skin care routine lainnya, seperti penggunaan pelembap dan juga serum.
Saat membasuh wajah di pagi hari, disarankan menggunakan air hangat daripada air keran. Air hangat dapat menenangkan sekaligus menghaluskan kulit wajah. Sedangkan air keran, cenderung mengandung banyak mineral, seperti klorin dan magnesium, yang dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit. Jika memiliki tipe kulit kering, segera aplikasikan pelembap atau thermal water yang biasa kamu gunakan di pagi hari.
Perlu kamu ingat, mencuci wajah di pagi hari ini tetap harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Jika memiliki kulit acne prone atau sangat berminyak, kita bisa mencuci wajah dengan sabun, hanya saja pilihlah sabun dengan jenis gentle cleanser agar dapat membantu mengurangi minyak serta membunuh bakteri pada kulit wajah.

Kunjungi media sosial kami :
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *