Cara memilih Sabun Sesuai Jenis Kulit

Semua orang ingin memiliki kulit bersih, segar, dan nyaman sehabis mandi. Memilih sabun mandi harus disesuaikan dengan jenis kulit yang terbagi menjadi kulit kering, berminyak, ataupun sensitif. Tentukan pilihan Anda pada jenis dan tipe sabun mandi yang aman dan nyaman bagi kesehatan kulit Anda.
Pastinya semua orang menginginkan memiliki kulit bersih, segar, dan nyaman sehabis mandi. Namun tidak semua sabun cocok untuk semua jenis kulit. Untuk mendapatkan kulit yang bersih, segar, dan nyaman tentu perlu memilih sabun mandi yang disesuaikan dengan jenis kulit yang terbagi menjadi kulit kering, berminyak, sensitif, ataupun kombinasi. Karena itu, sebelum membeli sabun, ada baiknya untuk mengenali jenis kulit kamu terlebih dulu.
Sebenarnya setiap orang memiliki prioritas pribadi dalam memilih sabun. Namun sering kali seseorang memilih sabun karena dasar keinginan untuk tampil bersih, segar, dan wangi. Bila memilih sabun yang kurang tepat bisa menyebabkan kulit kering, gatal, atau bahkan mengalami iritasi. Bahkan terkadang kandungan sabun yang iritatif juga bisa memunculkan kemerahan pada jenis kulit sensitif.
Cara Memilih Sabun Sesuai Jenis Kulit
Sabun sendiri merupakan jenis pembersih kulit yang terbuat dari campuran kimia lemak, minyak, dan asam lemak serta zat basa. Biasanya tipe dan kandungan pada sabun dipengaruhi oleh kombinasi komposisi dan bahan kimia utama tersebut. Sebenarnya dalam membeli sabun harus berdasarkan jenis kulit khususnya jika kulit kita cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak. Untuk mempermudah kamu, berikut ini panduan dalam memilih sabun sesuai jenis kulit:
Kulit wajah lebih tipis dan halus jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Jadi, Anda perlu mencuci wajah dengan sabun khusus untuk membersihkan kulit Anda. Namun, apakah Anda tahu mana sabun pembersih wajah yang cocok untuk Anda? Kebanyakan orang seringkali membeli produk kecantikan karena tergiur iklan di televisi. Namun, satu-satunya cara untuk memastikan mana sabun pembersih wajah yang terbaik untuk Anda adalah dengan mengetahui jenis kulit Anda.

Cara Memilih Sabun Sesuai Jenis Kulit Anda
1.Kulit Kering
Meski berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri, sayangnya kebanyakan sabun juga menghilangkan minyak alami yang diproduksi tubuh. Terutama Anda yang berkulit kering, disarankan untuk memakai sabun yang mengandung pelembap alami dan bebas pewangi atau alkohol. Misalnya sabun dengan kandungan minyak bunga matahari, cocoa butter, atau minyak zaitun. 
2.Kulit Berminyak
Jenis kulit berminyak cenderung memiliki tekstur kulit yang kenyal dan lembab. Tapi di sisi lain, kulit yang terlalu berminyak akan membuat bakteri berkembang biak lebih cepat. Kulit yang berminyak biasanya cenderung rentan berjerawat. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan pembersih berbusa (foamy) yang bersifat non-comedogenic, oil-free, dan mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide untuk membantu mengurangi jerawat. Kamu bisa membersihkan tubuh atau wajah sebanyak 2-3 kali sehari.
3.Kulit Sensitif
Kulit yang sensitif cenderung mudah mengalami iritasi atau memerah. Maka dari itu jangan terlalu sering berkontak dengan sabun. Kamu bisa memakai sabun yang memiliki kandungan pelembab, karena bisa meningkatkan ‘pertahanan’ pada kulit yang sensitif. Pastikan juga memilih sabun dengan kandungan tingkat pH yang seimbang. Sebaiknya jangan menggunakan sabun yang mengandung bahan antibakteri dan deodoran. Karena bahan-bahan tersebut mengandung zat iritatif yang bisa mengiritasi kulit.
Jika kulit Anda sangat sensitif terhadap alergi dan infeksi yang memerlukan perawatan khusus, Anda membutuhkan produk susu pembersih wajah. 
4.Kulit rawan berjerawat
Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat, Anda membutuhkan pembersih wajah 2 in 1 yang juga mengandung obat jerawat. Pembersih wajah Anda harus mengandung bahan kimia seperti seng dan belerang yang dapat mencegah timbulnya jerawat. 
5.Kulit Kombinasi
Tanda jenis kulit kombinasi yakni terasa bersisik, kering, dan mudah teriritasi di bagian tertentu, tapi pada saat bersamaan terasa berminyak di area lain. Jenis kulit ini terdiri atas kulit kering dan berminyak, kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus dengan menggunakan produk yang berbeda-beda. Kamu bisa menggunakan pembersih yang lembut dan mengandung sedikit bahan kimia. Sementara di area yang kering, kamu perlu menggunakan pelembab dan memerlukan sabun pembersih yang mengandung benzoyl peroxide pada area kulit berminyak untuk mencegah peradangan atau kemunculan jerawat.
6.Pigmentasi
Jika Anda punya kulit kecokelatan akibat terbakar matahari, pilihlah pembersih wajah yang mengandung pemutih. Produk semacam ini biasanya mengandung unsur pemutih alami seperti kunyit dan ekstrak lemon.

Gunakan Jenis Sabun yang Sesuai
Setelah mengenali jenis kulit Anda, pilih sabun yang paling cocok dengan kebutuhan kulit Anda. Sabun yang baik akan membuat kulit Anda terlihat lebih halus, indah, dan sehat.
1.Sabun Batang
Kandungan sodium hidroksida di dalam sabun batang memang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Meski begitu, kandungan sodium hidroksida dalam sabun batang juga dapat membuat kulit Anda menjadi kering. 
Jika Anda tetap lebih memilih sabun batang, pastikan sabun pilihan Anda tidak mengandung alkali (zat basa) yang tinggi yang dapat menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kering. Sebaliknya, gunakan sabun batang yang mengandung banyak emolien atau pelembap untuk menjaga kelembapan kulit. Sabun batang biasanya lebih lembut dan tidak mengandung pewangi yang tinggi dibandingkan sabun cair.
2.Body Wash
Selain membersihkan kotoran, sabun cair biasanya mengandung pelembap seperti petrolatum yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembut. Body wash dengan label “moisturizing”� adalah pilihan yang paling baik untuk mereka yang berkulit kering karena selain mengandung petrolatum juga mengandung minyak pelembap alami lainnya.

Kunjungi media sosial kami :
ig @amotee.official:
forum diskusi sahabat amotee :
fanpage Amoteeofficial :
youtube Amotee.Official :

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *